Tahun Kabisat Hari Yang Spesial 29 Februari, Fakta Fakta Menarik Tentang Tahun Kabisat 2016: Google Doodle Hari Ini

RadarIndo.com – Tahun Kabisat Hari Yang Spesial 29 Februari, Fakta Fakta Menarik Tentang Tahun Kabisat 2016: Google Doodle Hari Ini. Hari ini bisa dibilang adalah hari spesial, Mengapa? Karena hari ini adalah tanggal 29 Februari dan disebut dengan Tahun Kabisat. Dan hanya akan muncul 4 tahun sekali tanggal 29 Februari tersebut. Maka Google memperingati Tahun Kabisat di Google Doodle nya. Mari kita sima fakta-fakta menarik tentang Hari Kabisat.

Hari ini adalah hari Kabisat. Setiap empat tahun sekali, selalu ada yang berbeda di bulan Februari seperti yang terjadi pada tahun 2016 ini. Pada umumnya bulan Februari hanya sampai tanggal 28, namun setiap empat tahun waktu di bulan Februari bertambah satu hari yaitu sampai tanggal 29. Penambahan satu hari ini berpengaruh pula terhadap penambahan hari dalam hitungan satu tahun dari 365 menjadi 366 hari. Hal inilah yang disebut tahun kabisat.

Tahun Kabisat 2

Secara umum, tahun kabisat bisa dimaknai sebagai tahun yang bisa dibagi dengan angka empat. Keunikan tahun kabisat ini ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lalu pada zaman Julius Caesar yang memimpin Kekaisaran Romawi. Penentuan tahun kabisat ini bermula dari kebingungan soal penanggalan yang tidak tepat di mana bumi membutuhkan waktu yang tidak tepat 365 hari untuk mengelilingi matahari. Sebenarnya, bumi butuh waktu 365-seperempat hari.

Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Tahun Kabisat 3

Seperti yang dikutip oleh Pojoksatu.ib berikut Fakta-fakta menarik tentang Tahun Kabisat :

Mengundang Cuaca Buruk

Cuaca buruk ternyata bisa disebabkan karena Tahun Kabisat. Apa penjelasan ilmiahnya? Ternyata ini memang soal kepercayaan. Di Rusia, Tahun Kabisat dipercaya membawa cuaca buruk. Para petani, bahkan menyebutkan, jika ada tumbuhan yang ditanam pada Tahun Kabisat, mereka akan tumbuh ke arah yang salah.

Begitu juga dengan Skotlandia, mereka juga percaya terhadap mitos serupa. Peribahasa kuno Skotlandia menyebut Tahun Kabisat bukan tahun yang baik untuk mengembangkan ternak.

Meninggal Dan Lahir Di Tanggal Yang Sama

Ada kepercayaan yang menyebut, bahwa siapa saja yang lahir di tanggal 29 Februari, mereka juga akan meninggal di tanggal yang sama. Salah satu contohnya adalah James Milne Wilson, pemimpin ke-delapan Tasmania. Dia lahir pada 29 Februari 1812 dan meninggal tanggal 29 Februari 1880.

Tahun Kabisat 4

Anak Yang Lahir Di Tahun Kabisat Tak Pandai Bisnis

Di China, terdapat mitos yang menyebutkan bahwa anak-anak yang lahir pada tanggal 29 Februari, mereka pada umumnya tidak pandai dalam hal berbisnis. Selain itu, dari segi kehidupannya pun mereka akan kesulitan.

Di lain negeri, mitos yang beredar di Taiwan menyebutkan, jika ada seorang anak perempuan yang sudah menikah, mereka sejatinya tidak diperkenankan untuk pulang ke rumah orangtuanya. Alasannya, jika ada anak perempuan yang memaksa pulang kerumah orangtuanya, hal ini dapat mendatangkan kesialan bagi orangtuanya.

Memiliki bakat istimewa

Sejak lama, para astrolog percaya bahwa bayi yang lahir di Tahun Kabisat memiliki bakat yang istimewa, seperti, dari kepribadiannya yang unik, hingga kekuatan magis. Beberapa pesohor yang lahir di tanggal 29 Februari adalah pencipta puisi Lord Byron, rapper Ja Rule, dan atlet football Darren Ambrose.

Tidak Semua Tahun Berakhiran Seratus Adalah Tahun Kabisat

Menurut penanggalan Gregorian, tahun 2000 adalah Tahun Kabisat, begitu juga dengan tahun 1600, tapi 1700, 1800 dan 1900 bukanlah kabisat. Hal itu menimbulkan definisi baru tentang Tahun Kabisat, yakni tahun yang habis dibagi 400.

Tahun Kabisat 1

Fakta – Fakta Yang tak kalah menariknya :

  • Di era modern, Tahun Kabisat membawa ‘kesialan’ bagi para pekerja kantoran. Pasalnya, banyak kantor yang mengeluarkan gaji bulanan berdasarkan hitungan 28 hari, berarti di tanggal 29 Februari, banyak pekerja yang akan bekerja secara gratis.
  • Mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari disebut ‘leapling’ atau ‘leaper’. Peluang seseorang lahir pada 29 Februari adalah 1:1461. Setidaknya, ada 5 juta leapling di seluruh dunia.
  • Keluarga pemegang kelahiran leapling terbanyak di dunia adalah keluarga Keogh dari Inggris dan Irlandia. Selama tiga generasi, keluarga tersebut selalu memiliki keturunan yang lahir pada 29 Februari. Dimulai dari sang kakek, Peter Anthony Keogh, kemudian putranya, Peter Eric dan cucunya, Bethany Wealth.
  • Lain cerita dengan di Denmark. Jika pria menolak lamaran wanita pada tanggal 29 Februari, maka dia harus memberi wanita itu 12 pasang sarung tangan. Sementara di Finlandia, pria harus memberi wanita kain untuk membuat baju.
  • Di Yunani, pasangan justru menolak menikah di Tahun Kabisat karena mereka percaya itu akan membawa nasib buruk. Kepercayaan itu juga dianut warga Italia. Ada peribahasa Italia yang menyebut, “Anno bisesto, anno funesto” yang berarti Tahun Kabisat, tahun sial.

Sumber : cnnindonesia.com / http://pojoksatu.id / Wikipedia.com

You might also like More from author

24 Comments

  1. Ngawi Dian says

    jadi pada intinya bumi mengelilingin matahari sebenarnya lebih dari 365 hari ,, mungkin tambahah sedikit gitu kan.. nah lebih mudahnya ditambah deh satu hari pada empat tahun sekali…

  2. Andre joe says

    informasi yang sangat menarik mengenai tahun kabisat, banyak hal dan kejadian terjadi dalam waktu tersebut

  3. Lintas Teknologi says

    yang menemukan tahun kabisat am tidak siapa yaw? trs knp kok hrus ada hitungan sperti itu?

  4. panjul says

    beresin dulu artikel lu. Editornya mana sih?

  5. Bono says

    Ada kepercayaan yang menyebut, bahwa siapa saja yang lahir di tanggal 29 Februari, mereka juga akan meninggal di tanggal yang sama. Salah satu contohnya adalah James Milne Wilson, pemimpin ke-delapan Tasmania. Dia lahir pada 29 Februari 1812 dan meninggal tanggal 29 Februari 1880.
    haha masa umurnya -12 tahun….

    1. Rismi yati Dewi says

      Coba belajar berhitung lagi mas ?

      1. M Kholil NR says

        Belum lulus masalah hitung-hitungan dia hehe

    2. qian says

      wkwkwkwkk….
      1880-1812 = 68
      umurnya 68 tahun

    3. Ajie says

      Bukan kah umur nya jadi 62… Bon bon..bagaimana sech…

    4. Mavrodi says

      Dasar goblok ngga tau ngitung..

    5. Mia says

      Coba ambil kalkulator pak

    6. Black Lotus says

      68 tahun keles bukan 12 tahun .. bisa ngitung kaga

    7. Orish says

      maksud dari ini mungkin adalah 17 tahun
      tahun kabisat diperingati 4 tahun sekali jadi jika umur James Milne Wilson adalah 68 tahun maka akan dibagi 4

  6. LHP Law Firm says

    Gak dikira, teryata banyak yang mengangap kalau tahun kabisat itu bawa sial juga ya. Keperyaan di berbagai belahan dunia memang menarik sekali hahaha yang paling kasihan bagi yang lahir pada tanggal ini, karena akan merayakan ulang tahunnya 4 tahun sekali hahaha tapi banyak yang bilang, kalau lahir di tanggal 29 ini juga banyak keahlihan. Semoga sja benar 😀

    1. M Kholil NR says

      Iya juga ya, larih di tanggal 29 Februari, yang berarti tiap merayakan ulang tahunnya ya 4 tahun sekali dong?? 😀

  7. Dwi Putri says

    Judul artikelnya fakta-fakta tapi kok isinya kebanyakan mitos semua yaaa. Hmmm

  8. Aqil BSAA says

    Ijin nyimak gan :v

  9. ridwan says

    kok gitu,,. kan semua bulan rata rata 30-31 ini bukan nambah malah kurang dari rata rata kan
    by
    ridwan.

  10. jasa iklan says

    Sebagai koreksi agar tidak lari tanggalnya karena ada sisanya

  11. hardilamponk says

    tergntung dri kykinan msing2 tuh..

  12. yudi says

    Knapa gak di taruh di desember aja ya biar kalendernya jadi 32
    Kan jarang2 ada kalender 32

Leave A Reply

Your email address will not be published.